10 Cara Merawat Wajah Kusam Dan Kering Agar Terlihat Lebih Cerah

Cara merawat wajah kusam dan kering sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan, karena bisa dimulai dengan membersihkan wajah secara rutin dan tepat. Perlu diketahui juga bahwa salah satu penyebab wajah kusam adalah cara yang kurang tepat dalam proses membersihkan wajah.

Pada umumnya, orang-orang mengatasi wajah kusam dan berminyak dengan mengandalkan produk-produk kecantikan. Meskipun memberikan hasil yang efektif, namun harga yang ditawarkan juga lumayan mahal.

Bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi wajah kusam dan gelap? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Masker Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya

Memiliki wajah kusam dan berjerawat pastinya membuat jengkel semua orang. Karena kedua masalah ini membuat penampilan menjadi tidak maksimal dan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Untungnya kedua hal tersebut dapat sekaligus diatasi hanya dengan memakai masker lidah buaya yang murah dan mudah dibuat. Lidah buaya dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah dan menjaga kelembapan. 

Cara pemakaian:
  • Siapkan lidah buaya secukupnya, kupas dan ambil gelnya.
  • Oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit wajah secara merata, tunggu 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih.
Tips: Orang dengan wajah kusam dan berminyak sangat disarankan untuk memakai air hangat setiap kali mencuci wajah. Hal ini dikarenakan air hangat mampu membantu mengendalikan produksi minyak dan meremajakan kulit.

2. Kurangi Penggunaan Produk Pembersih Wajah

Pembersih Wajah Kusam

Apakah kamu sering mencuci wajah menggunakan produk pembersih wajah? Jika tidak mau wajahmu semakin kusam dan rusak, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini.

Perlu diketahui, terlalu sering memakai produk pembersih wajah bisa merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Terlebih lagi jika kulit tidak cocok, bukannya tambah bersih dan cerah, justru menyebabkan munculnya banyak jerawat.

3. Hindari Penggunaan Sabun Mandi Untuk Mencuci Wajah

Mencuci Wajah Kusam

Apakah itu salah? Bukan salah lagi, tetapi sudah kesalahan fatal. Sabun mandi mengandung zat kimia yang keras dan hanya bisa diterima oleh kulit-kulit tebal di anggota tubuh tertentu.

Beberapa masalah kulit yang diakibatkan oleh penggunaan sabun mandi untuk membersihkan wajah adalah iritasi, minyak berlebih, jerawat, dan penyumbatan pori-pori.

4. Masker Madu dan Tomat

Masker Madu dan Tomat

Kandungan Vitamin C yang ada di dalam tomat mampu mencerahkan wajah secara alami, sedangkan madu sudah terbukti efektif dalam mengatur PH dan melembabkan kulit wajah.

Cara penggunaan:
  • Ambil 2-3 buah tomat, blender sampai menjadi jus.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu, aduk sampai merata.
  • Gunakan sebagai masker wajah, tunggu selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
Penggunaan rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu akan memberikan manfaat yang maksimal untuk merawat wajah kusam.

5. Melakukan Pijatan Lembut Saat Mencuci Wajah

Memijat wajah saat mencuci muka

Cara merawat wajah kusam selanjutnya adalah dengan memberi pijatan ringan setiap kali mencuci wajah, menggunakan krim atau pelembab. Meskipun kedengarannya sepele, namun memiliki manfaat yang sangat besar yaitu membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

6. Menggunakan Masker Buah Pisang

Masker Buah Pisang

Salah satu cara agar wajah tidak kusam saat beraktivitas di luar ruangan, yaitu dengan rutin memakai masker pisang. Buah pisang diketahui kaya akan kandungan potasium, anti-oksidan, Vitamin C, Vitamin B, dan Vitamin E.

Beberapa manfaat pisang untuk kulit wajah adalah melembabkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih, mengangkat sel-sel kulit mati, dan memutihkan wajah secara alami.

Cara pemakaian:
  • Siapkan buah pisang secukupnya, potong menjadi beberapa bagian.
  • Hancurkan menggunakan sendok hingga benar-benar halus, bisa juga dengan diblender agar lebih mudah.
  • Aplikasikan sebagai masker wajah, diamkan selama 30 menit.
  • Bilas memakai air hangat.

7. Memperbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Cara merawat wajah kusam pada poin ke-7 ini wajib banget diperhatikan. Kulit tidak jauh berbeda dengan tubuh yang membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap hari. Dehidrasi bisa menyebabkan wajah terlihat lebih gelap dan kusam.

Oleh sebab itu, minumlah 8 gelas air putih dalam sehari agar kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga dengan baik.

8. Masker Minyak Kelapa

Masker Minyak Kelapa

Masker minyak kelapa dipilih sebagai salah satu cara merawat wajah kusam, karena menawarkan manfaat yang cukup menarik. Senyawa fenolik yang terkandung di dalam minyak kelapa berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam dan gelap.

Selain itu, minyak kelapa juga terbukti ampuh dalam menjaga kekenyalan kulit wajah.

Cara penggunaan:
  • Ambil minyak kepala secukupnya, oleskan pada wajah secara merata.
  • Tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam satu minggu.

9. Jangan Terlalu Sering Memakai Scrub

Jangan Terlalu Sering Memakai Scrub
Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah, memakai pembersih dengan bahan utama scrub memang diperlukan. Walaupun begitu, bukan berarti harus memakainya setiap hari. Penggunaan secara berlebihan justru berdampak pada kulit wajah yang mudah berjerawat, kusam dan mengalami peradangan.

Lantas bagaimana cara merawat wajah kusam yang baik dan benar? Penggunaan scrub dapat dibatasi maksimal 3 kali dalam seminggu. Dengan demikian, kulit wajah tetap lembut dan bersih tanpa khawatir efek samping.

Alangkah baiknya jika beralih ke bahan-bahan alami misalnya buah stroberi. Gunakan sebagai masker untuk mendapatkan kulit wajah kenyal, halus, dan cerah berseri.

Dalam merawat wajah kusam, penting sekali juga untuk memperhatikan cara membersihkan wajah. Sebaiknya rutin membersihkan wajah. khususnya sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

10. Masker Kunyit

Masker Kunyit

Yang terakhir, cara merawat wajah kusam dan kering yaitu dengan memakai masker kunyit. Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang mengandung banyak sekali nutrisi terbaik untuk kecantikan kulit.

Manfaat kunyit untuk kecantikan wajah di antaranya adalah mengatasi kulit berminyak, mengangkat sel-sel kulit mati, mengobati jerawat, dan memutihkan wajah secara alami.

Tertarik untuk mencobanya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:
  • Siapkan 2 sendok makan bubuk kunyit, tambah sedikit air.
  • Oleskan pada wajah secara merata, biarkan selama 15 menit.
  • Jika sudah terasa kering, bilas dengan air hangat sambil diusap secara perlahan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, praktekkan cara ini setiap hari selama 1 minggu. Lihat sendiri bagaimana perbedaannya.

sc: https://www.sarjanakata.com

- - - - - - - - - - -

Apakah anda sedang mencari informasi tentang operasi plastik di korea??
Jangan ragu untuk menghubungi kami dan berkonsultasi langsung dengan spesialis kami.


Konsultasi gratis dalam Bahasa Indonesia.





Tel/Whatsapp: +82-10-7150-0601
Email: nanahospital.id@gmail.com
Line: @nanahospital
Kakao: nanahospital
Instagram: nanahospital.id
Facebook: @nanahospital.id

Alamat: 492 Gangnam-daero, Gangnam-gu, Seoul, Korea, 06119
(KOR: 서울특별시 강남구 강남대로492 HM타워 3,4,5,6층)

Postingan Populer