Implan Payudara Allergan Ditarik Gegara Kanker

FDA menilai adanya risiko BIA-ALCL, Limfoma Sel Besar Anaplastik, suatu bentuk kanker yang langka



Food and Drug Administartion (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, pada Rabu 24 Juli waktu setempat memutuskan untuk melakukan penarikan sejumlah implan payudara tertentu dikarenakan adanya hubungan antara implan payudara dengan peningkatan resiko BIA-ALCL (Anaplastic Large Cell Lymphoma) atau limfoma sel besar anaplastik, suatu bentuk kanker yang langka.

Terkait masalah tersebut, berikut tanggapan Dr. Hwang Dong Yeon, Dokter Spesialis Operasi Payudara Korea di NANA Plastic Surgery Korea.

Q. Bagaimana situasi saat ini terkait dengan Implan Allergan?

A. Kebenaran terkait Implan Payudara dengan BIA-ALCL (Anaplastic Large Cell Lymphoma) atau limfoma sel besar anaplastik yang baru-baru ini banyak dilaporkan di berbagai negara yaitu, kasus ALCL pertama dilaporkan di Korea minggu lalu dan diketahui bahwa sekitar 11.000 kasus yang terjadi di Korea tingkatnya sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Q. Jenis implan yang bagaimanakah yang menjadi sorotan?

A. Terdapat penarikan produk dengan tipe Allergan Biocell Textured yang terkait dengan ALCL paling banyak. Kalau dilihat pada kartu garansi tipe Biocell Textured, dapat dilihat nomor stylenya.

Implan Allergan yang di Recall,
untuk memastikannya memerlukan kartu garansi implan.

410 Teardrop Implant ( pada angka paling depan atau di tengah terdapat angka 410).

510 Teardrop Implant (tertera 510 tepat di paling depan).

Round Textured Implants tertera STYLE 110, 115, 120.

Inspira Textured TRM tertera INSPIRA TRM, TSL, T.

Jenis implan lain sebelumnya dari Allergan seperti tipe Smooth Implant Style 10, 15, 20 dan
tipe Allergan Inspira Smooth diketahui tidak terkait dengan masalah ini,
jadi Anda tidak perlu khawatir tentang implan ini.


Q. Apa penyebab dari Implan Allergan?

A. Saya tidak dapat memberitahukan penyebab ALCL. ALCL adalah salah satu penyakit yang paling tidak diketahui oleh para dokter.
Karena hal ini juga baru diketahui oleh para dokter, sehingga belum terdapat cukup banyak penelitian yang dilakukan mengenai ALCL.

Penyebabnya, berbagai jenis faktor dapat memengaruhi di saat yang bersamaan dan salah satu faktornya dalah seperti yang disebutkan Implan Payudara Tipe Allergan Biocell Textured.
Terlepas dari implan, mungkin terdapat faktor-faktor lainnya seperti faktor genetika, pembuatan bio-film dari bakteri atau berbagai jenis baktero yang dapat terinfeksi, dan sebagainya.
Ada banyak sekali kemungkinan yang menjadi faktor penyebabnya dan saat ini penelitian yang terjadi difokuskan pada gagasan itu.

ALCL dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor,
bukan oleh faktor tunggal,
jadi lebih baik untuk tidak mengambil kesimpulan.


Q. Apa gejala-gejala ALCL?

A. ALCL tidak terjadi pada periode pemulihan setelah operasi payudara yang telah berjalan baik dan dengan pemulihan yang baik.

ALCL dapat dicurigai apabila Anda memiliki peningkatan ukuran payudara secara mendadak, atau jika Anda merasakan seperti terdapat cairan di dalam (30CC),
jika Anda memiliki sakit, demam dan tanda gelap,
jika Anda merasa memiliki benjolan pada payudara dan memiliki ruam, atau
jika Anda mendapatkan asimetri di antara payudara Anda,
dan semuanya terjadi cukup lama setelah operasi.

Jika Anda menemukan gejala-gejala seperti itu, Anda harus mengunjungi rumah sakit tempat di mana Anda menjalankan operasi atau rumah sakit di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan medis dan melakukan MRI atau uji Ultrasound.

Jika terdapat seroma (kumpulan cairan yang menumpuk di bawah permukaan kulit), mintalah untuk diuji (diekstrak) untuk dapat menuntun Anda ke solusi terbaik,

Q. Jika ingin implan dikeluarkan, bagaimana sebaiknya operasi dilakukan?

A. Jika sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan implan, metode operasi teraman adalah mengeluarkan implan dan kantong di sekitarnya secara bersamaan.

Hal ini dikarenakan ALCL terjadi disebabkan oleh gesekan terus-menerus antara implan dan kantong yang ditambah dengan faktor imun lainnya, jadi akan lebih baik untuk memutuskan menggunakan metode ini.

Sebaiknya memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan untuk mengeluarkan implan dan juga kantong yang mengelilinginya, yang mungkin dapat menyebabkan maslaah lebih lanjut apabila masih tertinggal.

Mungkin terdapat kekhawatiran dalam mempertimbangkan penggantian atau pelepasan implan, namun juga penting untuk tidak memilih operasi hanya karena Anda merasa khawatir. Sebagai gantinya, lakukan konsultasi secara menyeluruh dengan dokter yang melakukan operasi Anda dan putuskan opsi mana yang harus dipilih, bukan pada emosi Anda, tetapi didasarkan pada faktor-faktor yang didiskusikan dengan dokter Anda.

Selengkapnya dapat dilihat di https://youtu.be/sGl6YysuAUc


- - - - - - - - - - -

Apakah anda sedang mencari informasi tentang operasi plastik di Korea??
Jangan ragu untuk menghubungi kami dan berkonsultasi langsung dengan spesialis kami.


Konsultasi gratis dalam Bahasa Indonesia.

Tel/Whatsapp: +82-10-7150-0601
Email: nanahospital.id@gmail.com
Line: @nanahospital
Kakao: nanahospital
Instagram: nanahospital.id
Facebook: @nanahospital.id

Alamat: 492 Gangnam-daero, Gangnam-gu, Seoul, Korea, 06119
(KOR: 서울특별시 강남구 강남대로492 HM타워 3,4,5,6층)

Postingan Populer